Pulang Kampung

tanggal 5 oktober kemaren gue pulang kampung dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI yang ke 65(bodoh!udah lewat kali!)...oke , lebih tepatnya pulang kampung kali ini dalam rangka sumpah pemuda yang jatuh pada bulan ini ! dikarenakan udah 2 taun gue ga pulang , nyokap wanti2 bahwa gue harus pulang kampung dan ga ada tawar menawar padahal dia kalo belanja barang di tanah abang jago banget nawarnya ! 5 oktober pagi dari bandung gue ke jakarta dimana nyokap udah nunggu sambil nelfon terus dan bilang gue jangan naik odong2 ke jakarta karna akan memakan waktu lama (sapa juga yang mo naek odong2 ???)...malemnya kita pulang kampung nebeng mobil om gue yang kebetulan mo pulang kampung juga...karna status gue masih sabuk hitam dan harus mengikuti instruksi ketua padepokan 'Minang Maimbau' , gue duduk dibelakang dan nyokap duduk di samping pak kusir yang sedang bekerja...nyokap ngobrol sama om yang lagi nyetir sementara gue bengong aja sepanjang perjalanan ini terasa sangat menyedihkan ...sayang engkau tak duduk di sampingku kawan


finally ,after dua hari dua malam ga mandi , badan pegel2 , pantat ngilu , muka pecah2 , tenggorokan kering , susah buang air besar , sampelah gue di kampung halaman...hari2 di kampung gue jalani dengan rasa bosan ...knapa gue harus menuruti keinginan nyokap gue pulang kampung??? ato kuharus lari ke hutan belok ke pantai ?(mending gue ke Mc D !)...untuk membunuh rasa bosan , gue sering ajak ngobrol adek sepupu yang masih kelas 1 sma , anaknya ga jelas banget!...pada suatu malam dia minta dibikinin tugas bikin lamaran kerja pake bahasa inggris ...besoknya gue tanyain

gue : gimana tugas yang uni bikinin , dapet brapa ?

sepupu : ga dapet nilai

gue : hah knapa ??? itu udah yang paling bagus looooh uni bikinnya

sepupu : cici salah denger...bukan lamaran kerja , tapi lowongan kerja

gue : %@#!$%#%^&


suatu sore ,

gue : cici udah brapa kali pacaran ?

sepupu : 15 kali

gue : buset , sering amat ! paling lama brapa lama ?

sepupu : satu hari...itu udah paling lama

gue : #$%^&*@#%


mendengar kata2nya , gue pengen masuk ke dalam sumur (ngapain coba???)...singkat kata , tibalah pada hari gue dan nyokap harus balik ke jakarta...dengan berat hati dan penuh kerelaan (ko kontradiksi sih ?) , gue meninggalkan kampung halaman yang penuh kenangan...sbagai makhluk yang menjunjung tinggi dasa darma pramuka ,gue dan nyokap milih naek bis full AC ketimbang naek pesawat...nyokap gue orangnya kalo bepergian suka ribet , banyak banget bawaannya , belom koper , tentengan ini itu , bahkan rumah gue di kampung kalo bisa dibawa kemana2 , bakal dia bawa ! sementara gue orangnya seneng yang simple , ga suka bawa banyak barang , paling cuman koper ! makanya dont judge a book by its cover (jangan menghukum buku dengan koper)


dua hari dua malam on the way jakarta , serasa batin ini bergejolak ...gue duduk deket jendela , tiba2 ada burung kakak tua hinggap di jendela...nenek sudah tua giginya tinggal dua , tek dung tek dung...dari bukittinggi perjalanan baik2 aja sampe pada suatu ketika , si kancil ditangkap karna mencuri ketimun , bukan maksud gue pas di lampung naiklah seorang pengamen dengan perawakan tinggi , kulit sawo mateng , rambut gondrong , umur sekitar 40an


gue pikir dia langsung nyanyi , eh taunya introducing himself dulu ...yang bikin gue heran , tiap dia abis ngomong satu kalimat , slalu diakhiri dengan 'emmm' ...gini katanya :

'slamat siang , bapak2 , ibu2 , perkenalkan saya mbah parjo , asal jawa timur tepatnya dari ponorogo ...emmmm...dulu saya lahirnya sungsang ...emmm....kata nenek saya , kalo lahirnya sungsang emmm saya harus mendoakan orang banyak emmm...maka saya ingin mendoakan bapak2 ibu2 yang ada di sini emmm smoga slamat sampe tujuan , yang belom kawin smoga diberi istri yang cantik , yang punya anak smoga anaknya jadi pegawai bank BRI ' (what the fuck ?!?!?!?)...gue pengen banget ketawa tapi gue tahan berhubung pengamen ini jaraknya cuman 1 meter dari gue (bukan dari permukaan laut) ...yang ada ntar gue dibilang sebagai pembunuh karakter !


seperti biasa , gue mencoba untuk memusatkan perhatian pada lagu apa yang akan dibawakan ..ini sangat penting dan berpengaruh terhadap brapa rupiah yang akan gue keluarkan nantinya...hal2 yang menjadi pertimbangan gue pertama lagunya bagus apa ga , kedua attitudenya ...jika dia memenui dua kriteria ini , maka gue akan memberikan lebih banyak dari yang umumnya orang lain kasih..biasanya gue ngasihnya gopek (heheh...pelit amat gue)...dan jreng jreng lagu yang dia bawakan ternyata orang termiskin di dunia ....sebelom dia nyanyi , dia bilang lagu itu adalah penggambaran tentang dirinya


gue mencoba mencerna apa yang ada di benak hamdan att saat menciptakan lagu ini...apa sih yang menjadi tolak ukur orang termiskin di dunia ? contohnya pengamen ini...kalo emang bener dia orang termiskin dia dunia , knapa dia punya gitar ? padahal di lirik lagunya 'jangankan gedung , gubukpun aku tak punya' ...dan coba simak bagian lebaynya :


'aku merasa orang termiskin di dunia

yang penuh derita bermandikan airmata

itulah diriku kukatakan padamu

agar engkau tau siapa aku'


mungkin bung hamdan ato pengamen ini sangat mencintai pacarnya , makanya dia kasih tau kemungkinan terburuknya...pelajaran yang bisa diambil dari lagu ini buat cowo2 adalah tunjukkin yang jelek2nya dulu (slain pelajaran joget tentunya)...scara keseluruhan , pengamen tersebut lumayan terampil mengolah jari2nya untuk ukuran seorang otodidak ( bukan otomotif)


pesan gue untuk pembaca yang budiman :

1. TURUNKAN NURDIN HALID !

2. please check your belongings and step carefully
22 Responses
  1. ReBorn Says:

    dah nyampe shelter mana ni?



  2. Gaphe Says:

    wur.. kalo kira2 ntar ketemu nyokap lu mau nawar anak perempuannya buat jadi istri kira2 bakal dikasih gak ya?.. kan nggak mau ditawar tuh, harga pas!


  3. haha ..tanya sendiri sama nyokap gimana ? dia sih fleksible kalo masalah anak perempuannya


  4. gw rasa, harga yg dipatok (ayam kali matok) sama nyokap lu buat harga penawaran sepertinya tinggi. Orang yang pinter nawar, klo jual; sesuatu pasti bakal dengan harga tinggi..:)


    ntar,jangan lupa klo udah mau deket jakarta bilang sama Pilotnya, depan kiri ya..:)


  5. hmm , kira2 nyokap kayanya akan bilang gini kalo ada yang nawar anaknya : naek dikit lah , bang ...segitu baru modalnya aja ...untungnya tipis ini anak mah


  6. Huda Tula Says:

    hehehe hehehe hehehehe

    numpang nyengir yak!


  7. weittts , nyengir bayar dong ! (otak dagang keluar)


  8. Aulawi Ahmad Says:

    wah gak mampir palembang ye, coba tau tak cegat dijalan hehe (sok akrab)^-^


  9. om rame Says:

    kreatifitas bisa hadir dari mana saja, termasuk dari kisah si pengamen yang merupakan sebuah penyampaian intro yang menarik penyimaknya karena memiLiki niLai keunikan tersendiri. termasuk juga pada penyampaian tuLisan ini, kiranya menurut saya unik karena memiLiki ciri khas tersendiri yang tidak seperti pada umumnya daLam menyampaikan suatu kondisi.


  10. fai Says:

    harusnya bukan pulang kampungkna? ini jakarta ibu kota gitu, jadi harusnya besok2 judulnya pulang ibukota, hahahahahahaaa


  11. Nomaden Says:
    This comment has been removed by a blog administrator.

  12. @Aulawi , haha ...next time deh jangan lupa tunggu di lubuk linggau

    @Om Rame , yeah , pada intinya 'be yourself no matter what they say'

    @Fai , ibukota lebih kejam daripada ibu budi pergi ke pasar


  13. Dee Lavita Says:

    wur, gimana acara maap maapan lo ma nyokap?

    BeTeWe BusWei, tuh tulisanmu dah punya karakter, tinggal dipoles dikit lo bisa bikin buku wur, kayak blogger blogger laennya....

    sipp dah, numpang absen doang neh ... hehehehe


  14. @Dhina , nyokap beliin gue anting2 , soalnya dia tau anting2 gue yang dulu gue jual pas lagi bokek ...hakhakhak ! kadang dia marah , kadang dia baik ...but somehow , kalo dia marah , gue tau itu karna dia sayang sama gue


  15. Andien Says:

    Asem lo pulang kampung ga bilang2!


  16. @Andien , emang harus bilang2? hehehe...


  17. Cipu Says:

    Ini kampung nya di Bukittinggi yah. Gua suka Bukittinggi... kotanya enak, gua selalu bangun pagi pagi buat jogging di kota ini. Kotanya keren deh, apalagi itiak lado mudo nya mmmmm enak bgt

    Makasih sudah main ke blog gua


  18. exort Says:

    kunjungan balesan
    sepertinya kita satu kampung nih


  19. soal NURDIN udah turun dia, dari ranjang. eh, kamu kerja di Transjakarta ya?


  20. pengen pulang kampung ..kangen bapak, ibuk, dan nurdin halid (lho?)


  21. ayu Says:

    ohh pulang kampung toh?mana oleh-olehnya jeng?lhah terus acara intinya pulang kampung apaan doooong?bukannya ada sesuatu yg harus diurus?wah saya cari ceritanya di blog ini kok ga ada?waaah jeng kelupaan nulis nih?oh ya,eh itu pengamen akhirnya dikasih berapa jeng?


ABOUT WURI

My photo
i'd rather write... i'd rather write than talk to you...i'd rather write... i'd rather write than talk to you

    VISITORS

    hit counter
    Get a hit counter here.

    FOOTPRINTS

    FAVE BAND

    FAVE BAND

    BUDDIES

    BOOKS

    Indigowuri's bookshelf: read



    More of Indigowuri's books »
    Indigowuri's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists

    wuih,award..hehe

    wuih,award..hehe

    Award Dari Ade

    Award Dari Ade

    Award Dari Yoga

    Award Dari Yoga